Sejarah poker online. Zaman Batu (1995-1998)

Sejarah poker online. Zaman Batu (1995-1998)

Poker online, seperti fenomena apa pun, yang melewati tonggak penting, memiliki sejarah yang luar biasa. Ketika orang mulai bermain, mereka bahkan tidak memikirkan bagaimana poker online muncul. Sebagian besar pemain mulai menghitung dari saat mereka pertama kali mendaftar di ruang poker dan menjalankan klien poker. Tetapi segala sesuatu memiliki asal-usulnya.

Tanggal pasti permainan “poker online” pertama dalam sejarah tidak diketahui. Apa yang akan kita bicarakan jauh sebanding dengan gagasan klasik dari istilah “poker online”. Poker online lahir di suatu tempat di ruang obrolan komunitas iRC di pertengahan 90-an, ketika kebanyakan dari kita akrab dengan Internet melalui desas-desus. Mereka yang menangkap era iRC tahu seperti apa rasanya.

Pada tahun 1995, seorang programmer yang tidak dikenal tetapi sangat berbakat menciptakan IRC Poker, prototipe pertama dari klien poker modern. Pengguna bermain dan berkomunikasi di ruang obrolan besar, yang menggabungkan elemen ICQ dan Fidonet. Program ini menampilkan antarmuka teks, dan perintah “sederhana”, yang digunakan untuk membuat taruhan, misalnya, “/msg dbot p fold”. Pada tahun 1995, kata “sederhana” memiliki arti yang agak berbeda.

Dunia penggemar pertama yang terlibat dalam promosi game favorit mereka terlihat seperti itu.

Poker pada waktu itu tidak ada hubungannya dengan kenyamanan pengguna. Membuat tindakan dasar sebagai “lipat” diperlukan menggunakan perintah khusus (“panggilan”, “bertaruh” dan “naikkan”, juga).

Tidak ada gambar apapun, dan bahkan jas memiliki penunjukan abjad. Namun, orang senang bermain kartu dari komputer dan hanya sedikit yang peduli saat itu. Seperti yang Anda duga, mereka bahkan tidak memikirkan unsur keuangan, yang pada waktu itu (95-97) tidak berkembang. Hanya playmoney dan batasi hold’em, tidak ada yang lain. Setiap pemain baru menerima 1.000 dolar imajiner. Jika Anda kehilangan bankroll virtual, Anda harus menunggu 24 jam agar akun Anda diunggah dengan porsi baru. Ini berkontribusi pada perjudian yang bertanggung jawab.

Jangan mengira para pemain “Zaman Batu” adalah orang-orang yang tidak berambisi. Anda mungkin terkejut, tetapi gagasan seperti “biasa” ada bahkan pada waktu itu. Kebanyakan orang memiliki daya saing dan berjuang untuk kesempurnaan, bahkan jika tujuan mereka saat itu (seperti mencapai 10 papan peringkat lokal teratas, dll.) bagi kami tampak konyol dan lucu. Pada akhir 90-an mereka dapat menikmati kesempatan pertama untuk menguangkan jutaan virtual mereka. Jika pemain berhasil mengumpulkan uangnya dari 1.000 awal hingga 1.000.000 terakhir, dia bisa mendapatkan $100 nyata.

Mengingat bahwa sebagian besar permainan dimainkan dengan batas 5/10 saja (dengan kata lain, bankroll pemain adalah 100 BB), Anda dapat membayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan kembali jutaan yang didambakan. Omong-omong, tidak ada yang memainkan No-Limit Hold’em, meskipun itu ada. Itu tidak populer, dan ketakutan kehilangan seluruh tumpukan mendominasi pemain yang menghargai uang virtual. Ini berlanjut hingga tahun 1998, ketika ruang poker pertama di dunia Planet Poker memasuki pasar.

Ruang poker uang asli pertama dibuka pada awal tahun 1998. Anda mungkin berpikir tentang lobi standar dengan kasir, meja, dan berbagai macam permainan. Tapi tidak, pada tahun 1998 jauh dari itu.

Ruang poker menawarkan pengunjung hanya satu meja 10-maks dengan tirai $3/$6. Hanya dengan Limit Hold’em tentunya. Omong-omong, fakta yang menarik – pada saat itu, permainan dimulai hanya jika semua kursi di meja sibuk. Transaksi tidak dimulai, jika pemainnya sembilan, maka semua orang harus merana sambil menunggu penggemar poker online acak. Akibatnya, permainan sering terputus atau tidak bisa dimulai sama sekali. Itu pada bulan Februari ketika pertandingan pertama berlanjut sepanjang malam.

Ini adalah paradoks, tetapi penampilan ruang uang nyata pertama di dunia tidak menimbulkan kegembiraan yang diharapkan. Orang-orang terus bermain di playmoney di iRC dengan cara lama yang sama. Apa itu? Kebiasaan? Atau ketidakpercayaan? Keduanya. Berita bahwa Anda dapat bermain poker uang nyata dengan cepat menyebar di komunitas tematik. Setelah munculnya Planet Poker, forum 2 + 2 yang terkenal di dunia telah dibuat. Banyak yang waspada terhadap hal-hal baru, mencurigai ruang poker dalam ketidakjujuran, sementara histeris dari mereka yang mempertaruhkan uang hasil jerih payah mereka hanya meningkatkan keyakinan bahwa “semuanya dicurangi.” Seperti yang Anda lihat, tidak ada yang berubah setelah hampir 20 tahun: seruan histeris yang sama dari pendatang baru bahwa RNG dicurangi, bahwa ruangan dapat melihat kartu dan tabel palsu didistribusikan. Untungnya, iRC bekerja dengan jujur, dan Anda tidak mempertaruhkan apa pun.

Manajemen ruang poker yang baru menetas menemukan diri mereka dalam situasi kalah-kalah. Ketidakpercayaan tumbuh, dan proyek itu perlahan-lahan sekarat. Situasi ini membutuhkan tindakan tegas untuk membuktikan kepada semua orang biasa bahwa ruangan itu dapat diandalkan, tidak perlu ditipu, dan semua tabrakan adalah karena keanehan varians.

Akibatnya, Planet Poker manajemen yang berharap mendapatkan kepercayaan dari para pemain, mempresentasikan algoritma RNG-nya kepada publik untuk membuktikan ketidakberpihakannya. Mereka dibimbing oleh niat baik, dan keinginan untuk menunjukkan kepada orang-orang bahwa mereka tidak tertipu. Namun, seperti yang selalu terjadi, kemurahan hati seperti itu dimainkan melawan ruang poker. Setelah beberapa saat, sekelompok programmer menulis sebuah artikel, yang menjelaskan proses pemutusan RNG Planet Poker.

Ternyata algoritmenya tidak cukup acak, dan bahkan ada program, yang selama flop memprediksi kartu lawan, belokan, dan sungai dengan akurasi 100%.

Anehnya, tetapi informasi ini dibagikan bukan untuk mencari untung. Planet Poker dengan cepat membuat perbaikan dalam algoritma RNG.

Tindakan mendesak diperlukan untuk menyelamatkan situasi, atau seseorang yang “akan memastikan kredibilitas”. Adalah Mike Caro yang terlibat sebagai terdakwa otoritatif. Pada saat itu, ia menikmati reputasi yang tak tergoyahkan di antara para pemain. Jika Mike mengatakan “adil”, itu “adil”. Setelah situasi ini, uang perlahan mengalir ke dalam ruangan. Manajemen berusaha menutupi insiden tersebut dengan RNG, mengisi celah dalam perangkat lunak dan menghindari kesalahan langkah seperti itu di masa depan.

Tapi kejutan yang lebih tidak menyenangkan sedang menunggu Planet Poker…